Sabtu, 28 Mei 2016

Part 5: Menghitung volume galian-timbunan dengan AutoCAD Land Desktop

yoyoyooooo..., hari ini gue bakal coba bagi-bagi sama loe gimana caranya ngitung volume galian di AutoCAD Land Desktop, barang kali ada yang baru ngikutin sekarang, sebenernya saran gue loe baca dulu dari part 1, kecuali loe udah bisa sampe tahap buat kontur di AutoCAD Land Desktop.

Oke ga usah banyak Cing Cong, kita mulai dengan konsep yang kita pake dalam perhitungan galian ini ya. Jadi harus loe pahamin bahwa kita ngitung volume di AutoCAD Land Desktop ini dasarnya adalah surface, oke... jadi kita punya surface kondisi 1, dan surface kondisi yang diinginkan, atau kondisi 2 lah ya, ilustrasinya kira-kira gini lah:
Di gambar loe bisa liat ada surface 1 yang warnanya hijau dan surface 2 yang warnanya coklat, surface 1 gue definisikan sebagai surface awal kita, jadi ini adalah kondisi tanah eksisting di mana loe mau kerjain, dan surface 2 adalah kondisi hasil yang diinginkan.
Di situ kenapa gue buat menyilang? ,karena gue mau coba tunjukin sama loe bahwa kita bisa ngitung galian sekaligus timbunannya kalau kondisi elevasi akhir diminta lebih tinggi dari eksistingnya, sehingga daerah di mana surface 2 berada di atas surface 1, maka itu adalah daerah timbunan, sementara daerah yang surface 2 di bawah surface 1, maka itu daerah galian. Oke paham? , atau hampa? , hahahaha.. terserah, gimana caranya loe paham konsepnya ini, kalau engga ya loe pasti bingung buat selanjutnya.
Oke next, gue jelasin langsung hal pertama yang harus loe buat di lembar kerja loe (setelah boundary, surface, dan kontur loe jadi) adalah loe mendefinisikan surface 2 loe kaya gimana, oke..
kalau misalnya surface 2 loe adalah hasil tembakan survey, itu enak banget, tinggal masukin data-data point loe ke lembar kerja, terus build surface nya, ngitung deh. Tapi kalau loe definisikan secara spesifik surface 2 nya mau kaya apa, maka loe harus buat surface dengan create point di lembar kerja loe, jadi sekalian nih gue mau kasih tau sama loe gimana caranya membuat point di lembar kerja secara manual, jadi jaraknya terhadap bangun yang udah ada di lembar kerja bisa diatur, kan ga harus melulu loe masukin point pakai koordinat toh? , ya keles kalau mau masukin titik sejauh 1 meter dari sudut bangunan arah X harus pake koordinat :v . Oke langsung ya, langsung ke menu browser “A”, terus pilih “Point”, terus  pilih “Manual” .
Begitu loe pilih manual, langsung loe disajikan gambar di lembar kerja loe, loe arahin aja kursor ke sudut bangunan di mana loe mau buat point, di sini gue buat 10 cm dari susut bangunan, terserah sih mau dibuat pass sama titik sudut ya bisa aja, Cuma nanti cek dulu kalau ada point yang ketemu satu koordinat x dan y nya, apa dia “Merge”, “overwrite”, atau gimana, pastiin pake “merge” karna kalau “Overwrite” atau yang lain, bisa hilang dong titik yang lama. Loe perhatiin command prompt, begitu loe “Klik” , langsung di situ minta “Description”, loe kasih deskripsi, enter, terus dia minta elevasi, di sini gue buat 2 (+2 m), enter, jadi deeh... itu di gambar gue, titik dengan nomer 155, elevasi +2 dan deskripsi sudut 1, daaan seterusnya loe lakuin itu sesuai keinginan loe, kalau gue di sini mau nunjukin surface 2 yang “ngetrap” ya, jadi ada item galiannya, ada timbunannya ntar, jadinya kaya gini nih :
Display point yang masih pada besar-besar adalah point yang baru aja gue tambahin,sengaja ga gue kecilin biar loe bisa tau point mana aja yang baru gue tambahin, dan selanutnya yang kita harus lakuin adalah membuat surface dari point kita itu, seperti biasa ya kita ke menu browser, terus pilih terrain, terus pilih terrain model explorer, terus klik kanan di surface dan create surface, loe rename jadi surface final. di sini gue ga usah pake groups point, karna point nya dikit juga, jadi pake data point aja yah, kaya gini jadinya nih:
Setelah pilih point, nanti pilih aja pakai point yang ada di lembar gambar kita, dan klik satu-satu tuh point yang baru kita buat, jadi ga perlu point group kalo emang kondisinya sedikit point nya, tapi kalo banyaak, wah repot kita bro kalo gak pake point group.
Oke setelah point nya udah clear pake point files, boundarynya dibuat sama kaya surface 1, terus kita build, dan jadinya bakal kaya gini nih :
Keliatan di situ data surface loe, elevasi maksimum berapa, minimum berapa, jumlah point loe ada berapa, boundary nya ada apa gak, dan setelah ini kita bakal lanjut ke langkah berikutnya, close aja terrain model explorernya.
Langkah berikutnya adalah kita buat site kita, perlu loe perhatiin bahwa fasilitas define site ini dari yang gue tau ya, itu cukup terbatas, dimana kita cuma bisa define site yang bentuknya persegi, yang dimana kalau loe punya bentuk bangunan yang gak beraturan, loe tetep harus buat site yang persegi, dan harus mencakup seluruh wilayah kerja kita. Tepi emang agak sedikit fleksibel juga kalau bangunan kita memanjang 45° dari sumbu x, jadi perseginya bisa dibuat miring gitu lah, nanti gue tunjukin, awalnya kita cari menu define site kaya gini:
di command prompt, hal pertama yang disajiin ke loe adalah rotation angle, inilah yang gue bilang site kita walaupun persegi tetep fleksibel masalah angle nya, jadi caranya sebenernya paling gampang kalau loe udah buat persegi pakai polyline yang udah mencakup seluruh daerah site loe, bebasss, yang penting persegi deh, terus loe klik deh itu sudut bawah kiri persegi yang udah loe buat, kaya gini :
Loe liat tuh, kalo persegi loe miring-miring loe bisa atur itu rotasinya dengan ngarahin kursor ke sudut bawah kanan loe, jadi kalo miring ke kiri ya berarti sudut kanan bawah kan lebih tinggi posisinya dari sudut bawah kiri, kalau miring ke kanan perseginya ya sebaliknya, sudut bawah kanan posisinya lebih rendah dari sudut bawah kiri, karena ini gue contohin persegi yang lempeng-lempeng aja, ya enak dong, gue tinggal klik sudut persegi di kanan bawah itu deket point No 161.
terus selanjutnya yang diminta adalah site base point, itu adalah sudut kiri bawah loe, langsung klik aja sudut itu.
Selanjutnya loe bakal ditanya Grid M size, jadi maksudnya Grid M size adalah ukuran persegi loe arah X, loe bisa langsung klik sudut kiri bawah dan klik sudut kanan bawah, dan selanjutnya diminta Grid N size, yang maksudnya ukuran persegi arah Y, loe bisa klik sudut kiri bawah dan klik sudut kiri atas, daaan akan muncul Upper right corner, ini akan secara otomatis ngarah ke arah diagonal persegi, itu adalah sudut kanan atas, jadi loe bisa pastiin bahwa site yang loe buat itu apa udah mengcover semua daerah kerja loe, begitu ngarah ke sudut kanan atas itu, langsung klik aja, terus dia minta site name project, kasih aja nama kerjaan atau apalah terserah. jadi deh site loe.
Caranya ngecek apakah site loe udah jadi apa belom, bisa ke menu browser, terus terrain, terus site definition, dan pilih site manager, setelah itu loe bakal ditunjukkin deh site loe, untuk ngeliat detail site yang udah loe buat, misal loe mau tau koordinat sudut-sudut site, sudut rotasi site, ukuran site, bisa loe klik aja itu “Info” , tapi untuk mastiin site loe udah jadi doang, cukup kaya gini aja nih:
Jelas? , kalo gak jelas silakan jelaskan... hahaha
Next, adalah kita set tratumnya, jadi maksudnya kita mau “mengaktifkan” surface-surface yang akan dikalkulasi, gitu lah bahasa oon nya, (eh, bener gak yah gue?.. hahaha, i don’t care). Seperti biasa ke menu browser, terus pilih terrain, terus agak bawah situ pilih select current stratum, dan bakal muncul kaya gini:
Di situ loe kasih nama tuh stratumnya, loe bisa definisikan kalau antara surface A dan B namanya apa, B dan C namanya apa, C dan D namanya apa, beb as. terus pilih tuh surface 1 nya kondisi surface awal, dan surface 2 kondisi surface final, langsung Oke.
Selanjutnya adalah, kita hitung volumenya dengan pilihan “Composite volume”, please jangan tanya gue kenapa, tapi dari pengalaman gue, pake ini yang paling detail dan valid, silakan cek aja pake pilihan lain kalau loe orangnya punya waktu luang gitu silakan. Nanti bakal muncul kaya gini:
Next, loe pilih site nya, karna Cuma ada satu, ya langsung aja pake itu..he
Next,
Langsung Oke aja, itu udah default.
Next,
Dan taraaaa... volume galian dan timbunan loe udah jaadi !
kalau loe mau liat lebih detail legi, loe bisa ke terrain model explorer kaya biasa, dan di sana udah secara otomatis ter create volume loe, liat aja dan loe bisa dapet detailnya, kaya gini:
Oke gitu dulu yah, sorry ga bisa banyak ngoceh lagi, gue buat ini di site office proyek dan kebetulan ini sabtu soreee, istri gue udah krang-kring krang-kring nyuruh gue pulang.
kedepan, in syaa Allah gue bakal bahas gimana caranya bikin cross section dari kerjaan kita. Ok. Bye..
Makassar, 28 Mei 2016 Dibuat @Site office Project St Moritz Panakkukang, Publikasi @ kos-kosan gue, ditemani istri tercinta :3 

4 komentar: