Hello.... How are you? , semoga
loe gak jenuh nungguin tulisan gue selanjutnya ya, (hahaha... kePeDe an). Oke
sebagaimana janji gue untuk posting tentang gimana caranya membuat kontur, di
tulisan ini bakal gue coba jelasin sama loe-loe semua see gamblang mungkin
semampu gue. di part 3 kemarin kan gue
udah jelasin tuh gimana caranya buat surface, nah kita bakal bisa buat kontur
setelah loe buat dulu surfacenya tuh.
Oke langsung aja yah, jadi
sedikit refresh dulu, kemarin itu kita udah input point di land desktop, terus
kita juga udah create surfacenya dengan boundary nya pake polyline, nah untuk
buat kontur, seperti biasa kita cari di menu browser “A” pojok kiri atas, pilih
terrain, terus pilih create contour , selanjutnya loe bakal diminta milih
surface mana yang mau loe buat kontur,klik dah itu, dalam contoh ini cuma ada
satu surface, ya itu “data awal” sesuai sama yang udah pernah kita buat, nanti
bakal muncul kaya gini:
Selanjutnya loe bakal dihadapkan
sama setting konturnya, tampilannya kaya gini:
Loe liat di atas, surface nya
udah “Data awal”, “Elevation range” nya udah otomatis nyesuaikan sama low dan
high elevation dari surface kita, tapi kalo loe mau atur-atur ya gapapa, terus
ini yang penting, ada minor dan major interval, kalau loe menghendaki garis
kontur yang rappet banget, ya masukin aja minornya misal 20 cm atau loe masukin
0.2 , dan major nya terserah mau dibuat 0.8 kek, 1 kek, bebasss.. setelah itu
loe bisa klik yang style manager, bakal muncul kayak yang di sebelah kanan itu,
“contour style manager”, nah kalo di sini kalo gue sih ngopreknya lebih ke “contour
appearance” nya aja, ngatur kehalusan kontur, jadi gue pilih yang “Add vertices”,
diatur deh itu “Decrease” sama “increase” nya mau berapa, perhatiin aja
previewnya. Setelah itu yaaa langsung “Oke” “Oke” aja lah, terus di “command
prompt” ada pertanyaan dulu, in harus loe jawab dulu nih, gak boleh salah ,
pertanyaannya : “Erase old contours?” , loe harus cari sendiri jawabannya men..
hahaha...
dan taraaa... kontur loe jadi men !
Anjiir,,, liat noh kontur loe,
kenapa rapi? karna kita tadi pake boundary, jadi kontur bakal terinterpolasi
sampai batas surface kita.
Oke gitu dulu yaa, next time in
syaa Allah gue bahas gimana ngitung volume galian, tetep sehat, tetep semangat,
karena kalo loe sakit biayanya mahal :v
Makassar, 25 Mei 2016 @ Site
office St Moritz Panakkukang MKS. Menunggu koreksian progress dari Aecom dan
TJR , setelah kemarin gue followup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar