Selasa, 24 Mei 2016

Part 4 : Membuat kontur di AutoCAD Land Desktop

Hello.... How are you? , semoga loe gak jenuh nungguin tulisan gue selanjutnya ya, (hahaha... kePeDe an). Oke sebagaimana janji gue untuk posting tentang gimana caranya membuat kontur, di tulisan ini bakal gue coba jelasin sama loe-loe semua see gamblang mungkin semampu gue. di part  3 kemarin kan gue udah jelasin tuh gimana caranya buat surface, nah kita bakal bisa buat kontur setelah loe buat dulu surfacenya tuh.

Oke langsung aja yah, jadi sedikit refresh dulu, kemarin itu kita udah input point di land desktop, terus kita juga udah create surfacenya dengan boundary nya pake polyline, nah untuk buat kontur, seperti biasa kita cari di menu browser “A” pojok kiri atas, pilih terrain, terus pilih create contour , selanjutnya loe bakal diminta milih surface mana yang mau loe buat kontur,klik dah itu, dalam contoh ini cuma ada satu surface, ya itu “data awal” sesuai sama yang udah pernah kita buat, nanti bakal muncul kaya gini:
Selanjutnya loe bakal dihadapkan sama setting konturnya, tampilannya kaya gini:
Loe liat di atas, surface nya udah “Data awal”, “Elevation range” nya udah otomatis nyesuaikan sama low dan high elevation dari surface kita, tapi kalo loe mau atur-atur ya gapapa, terus ini yang penting, ada minor dan major interval, kalau loe menghendaki garis kontur yang rappet banget, ya masukin aja minornya misal 20 cm atau loe masukin 0.2 , dan major nya terserah mau dibuat 0.8 kek, 1 kek, bebasss.. setelah itu loe bisa klik yang style manager, bakal muncul kayak yang di sebelah kanan itu, “contour style manager”, nah kalo di sini kalo gue sih ngopreknya lebih ke “contour appearance” nya aja, ngatur kehalusan kontur, jadi gue pilih yang “Add vertices”, diatur deh itu “Decrease” sama “increase” nya mau berapa, perhatiin aja previewnya. Setelah itu yaaa langsung “Oke” “Oke” aja lah, terus di “command prompt” ada pertanyaan dulu, in harus loe jawab dulu nih, gak boleh salah , pertanyaannya : “Erase old contours?” , loe harus cari sendiri jawabannya men.. hahaha...
 dan taraaa... kontur loe jadi men !
Anjiir,,, liat noh kontur loe, kenapa rapi? karna kita tadi pake boundary, jadi kontur bakal terinterpolasi sampai batas surface kita.
Oke gitu dulu yaa, next time in syaa Allah gue bahas gimana ngitung volume galian, tetep sehat, tetep semangat, karena kalo loe sakit biayanya mahal :v

Makassar, 25 Mei 2016 @ Site office St Moritz Panakkukang MKS. Menunggu koreksian progress dari Aecom dan TJR , setelah kemarin gue followup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar