Sabtu, 21 Mei 2016

Part 3 : Membuat surface dari data point

Oke sekarang gue mau cerita lagi tentang gimana caranya membuat surface dengan data point yang udah kita input di Land Desktop. Ini penting men, karena setiap point yang loe masukin ke Land Desktop hanya bakal menjadi sebatas point aja, gak lebih, kecuali loe buat “mereka” menjadi sebuah surface.

Sekarang loe bakal akrab banget sama yang namanya menu “Terrain”, di situ lah tools kita buat ngelola data. Setelah point yang loe masukin udah selesai dan terkemas dalam point group-point group, maka selanjutnya klik menu browser seperti biasa, “A” pojok kiri atas, terus pilih “terrain”, selanjutnya pilih “Terrain model explorer” di paling atas, kemudian akan muncul lah kaya gini:
Langkah selanjutnya adalah kita meng “create” surface kita dengan klik kanan di folder “Terrain”, pilih “New Surface”, terus langsung loe rename aja dengan ngeklik tulisan “Surface 1” dua kali , tapi dengan jeda 1 detik, dan loe bakal dapet yang begini:
Setelah itu yang harus loe lakuin adalah menentukan point mana aja yang bakal loe jadiin dasar untuk membuat surface, dan nentuin boundary mana aja yang bakal loe buat sebagai batas bangunan, makanya gue bilang buatlah point-point itu jadi point group, jadi di sini gak susah, semua udah terpartisi, bisa aja sih loe pake input data point, tapi ya jadinya gak terkelompokan dengan baik ntarnya di lembar gambar loe. Jadi caranya gitu ya, klik kanan di “point groups”, terus loe pilih deh group mana yang mau dijadiin surface, kaya gini :
Oke setelah terpilih “Point group” mana yang jadi dasar surface, pilih boundary nya coy, sama caranya dengan klik kanan di “Boundary”
Setelah “Boundary definition” diklik, loe bakal ditampilin lembar kerja loe, nah langsung aja klik polyline yang jadi boundary bangunan loe, selanjutnya di command prompt bakal ngasih pilihan boundary name, langsung aja ketik nama boundary loe, pake nama proyek kek, nama lokasi kek, nama owner kek, asalkan jangan nama mantan ya :v  , terus enter
*.. hahaha... Astagfirullah,, maaf ya mblo..
Oke lanjut, nanti di command prompt loe diminta pilih tipe boundary, pilih Outer aja, ketik “O”, terus enter, terus nanya lagi apa loe mau buat breakline, yes bae lah, ketik “Y” enter. jadinya begini nih:
Perhatiin tuh yang ada di command prompt, gitu ngisinya kalo gue.
Well, setelahn itu loe keluar aja dengan tombol “ESC”, dan loe bakal balik lagi ke dialog terrain model explorer, setelah itu klik kanan di nama surface loe, kita “Build” deh, ntar bakal muncul kaya gini:
Kalo gue sih, karena gak pake data point secara khusus buat bikin surfacenya, jadi “Use point file data” nya gue uncheck box, dan loe perhatiin kenapa tadi gue bilang kita buat aja break line nya, karena ini gue pake di sini, jadi boundari dari kontur/bangunan kita ada di breakline dari polyline boundary kita, jadi gak hawatir polyline kita gagal jadi boundary.
Jadi deh sufrace loe,
 
Jadi deh surface loe , ini lah yang jadi bahan loe untuk buat kontur, hitung volume, dan kebutuhan lainnya, Udah dulu ya, bagian buat kontur ntar gue jelasin in syaa Allah di part 4, sabaaar.. dikit dikit, biar gak mabok :v
Dan sekarang rencananya gue mau main ke leang-leang sama istri gue, slamat berlibur, selamat menikmati waktu santai :D
Makassar , 22 Mei 2016 @ qatari kost ditemani istri yang lagi makan nasi uduk.. haha..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar