Oke sekarang gue mau cerita lagi
tentang gimana caranya membuat surface dengan data point yang udah kita input
di Land Desktop. Ini penting men, karena setiap point yang loe masukin ke Land
Desktop hanya bakal menjadi sebatas point aja, gak lebih, kecuali loe buat “mereka”
menjadi sebuah surface.
Sekarang loe bakal akrab banget
sama yang namanya menu “Terrain”, di situ lah tools kita buat ngelola data.
Setelah point yang loe masukin udah selesai dan terkemas dalam point
group-point group, maka selanjutnya klik menu browser seperti biasa, “A” pojok
kiri atas, terus pilih “terrain”, selanjutnya pilih “Terrain model explorer” di
paling atas, kemudian akan muncul lah kaya gini:
Langkah selanjutnya adalah kita
meng “create” surface kita dengan klik kanan di folder “Terrain”, pilih “New
Surface”, terus langsung loe rename aja dengan ngeklik tulisan “Surface 1” dua
kali , tapi dengan jeda 1 detik, dan loe bakal dapet yang begini:
Setelah itu yang harus loe lakuin
adalah menentukan point mana aja yang bakal loe jadiin dasar untuk membuat
surface, dan nentuin boundary mana aja yang bakal loe buat sebagai batas
bangunan, makanya gue bilang buatlah point-point itu jadi point group, jadi di
sini gak susah, semua udah terpartisi, bisa aja sih loe pake input data point,
tapi ya jadinya gak terkelompokan dengan baik ntarnya di lembar gambar loe.
Jadi caranya gitu ya, klik kanan di “point groups”, terus loe pilih deh group
mana yang mau dijadiin surface, kaya gini :
Oke setelah terpilih “Point group”
mana yang jadi dasar surface, pilih boundary nya coy, sama caranya dengan klik
kanan di “Boundary”
Setelah “Boundary definition”
diklik, loe bakal ditampilin lembar kerja loe, nah langsung aja klik polyline
yang jadi boundary bangunan loe, selanjutnya di command prompt bakal ngasih
pilihan boundary name, langsung aja ketik nama boundary loe, pake nama proyek
kek, nama lokasi kek, nama owner kek, asalkan jangan nama mantan ya :v , terus enter
*.. hahaha... Astagfirullah,,
maaf ya mblo..
Oke lanjut, nanti di command
prompt loe diminta pilih tipe boundary, pilih Outer aja, ketik “O”, terus
enter, terus nanya lagi apa loe mau buat breakline, yes bae lah, ketik “Y”
enter. jadinya begini nih:
Perhatiin tuh yang ada di command
prompt, gitu ngisinya kalo gue.
Well, setelahn itu loe keluar aja
dengan tombol “ESC”, dan loe bakal balik lagi ke dialog terrain model explorer,
setelah itu klik kanan di nama surface loe, kita “Build” deh, ntar bakal muncul
kaya gini:
Kalo gue sih, karena gak pake
data point secara khusus buat bikin surfacenya, jadi “Use point file data” nya
gue uncheck box, dan loe perhatiin kenapa tadi gue bilang kita buat aja break
line nya, karena ini gue pake di sini, jadi boundari dari kontur/bangunan kita
ada di breakline dari polyline boundary kita, jadi gak hawatir polyline kita
gagal jadi boundary.
Jadi deh sufrace loe,
Jadi deh surface loe , ini lah
yang jadi bahan loe untuk buat kontur, hitung volume, dan kebutuhan lainnya,
Udah dulu ya, bagian buat kontur ntar gue jelasin in syaa Allah di part 4,
sabaaar.. dikit dikit, biar gak mabok :v
Dan sekarang rencananya gue mau
main ke leang-leang sama istri gue, slamat berlibur, selamat menikmati waktu
santai :D
Makassar , 22 Mei 2016 @ qatari
kost ditemani istri yang lagi makan nasi uduk.. haha..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar