Sabtu, 21 Mei 2016

Gimana Make AutoCAD Land Desktop (Part 1 : Pengaturan AutoCAD Land Desktop)

Ok, kali ini gue bakal bahas gimana caranya make land desktop, khususnya cara ngebuat kontur dan ngitung galian dari data koordinat hasil tembakan survey. Jadi ceritanya gue bisa make land desktop ini setelah proyek gue mandeg, penyebabnya yaa you know what lah kalo proyek ownernya swasta masalahnya apa, jadi terhentinya proyek ini ada hikmahnya buat gue , karna proyek berhenti akhirnya gue diminta ngitung galian basement dengan teliti, dan ga ada cara lain dong mau gak mau harus pake software, awalnya gue mau pake surpac sih, Cuma karna keterbatasan sumber daya dan informasi, akhirnya gue pake auto cad land desktop 2009 , kebetulan temen gue yang orang survey bisa juga, jadi bisa ngajarin gue untuk pengenalannya dan tools ini itu nya sedikit, tapi sebagian besar apa yang gue dapet ya dari coba-coba, youtube, dan blog orang.
Nah! , gak usah banyak cing cong, kita langsung aja mulai yap. Hal pertama yang gue sampein adalah item yang bakal gue jelasin, ini dia:
1.       “Pengaturan AutoCAD Land Desktop” , gue bakal jelasin gimana nyetingnya dari awal
2.       Gue bakal jelasain “Bagaimana menginput data koordinat ke dalam land desktop?”
3.        “Membuat surface dari data point” yang udah kita input
4.       “Membuat kontur dengan land desktop”
5.       “Menghitung volume galian / timbunan menggunakan autocad land desktop”
Itu dia garis besar yang mau gue jelasin sama loe loe semua, oke langsung aja dengan:

Part 1 : Pengaturan AutoCAD Land Desktop
-   Di sini, langsung aja lo klik itu “New”, kecuali lo udah punya file land desktop di kompi loe, bisa langsung pilih-pilih yang ditampilin di situ, atau di”cancel” aja, terus masuk ke open file juga bisa kok.
-          Setelah “new”, loe bakal masuk ke sini,  loe kasih nama aja sesuai project loe, misal “ABC”.
-          terus pilih template buat gambarnya, pake acad.dwt aja biar general boleh.
-          Setelah itu langsung aja ke “Create project”, ntar bakal muncul kaya gini :
-          Begitu keluar project detail, pilih prototipe nya , karna ini di indonesia, ya pake default meter aja udah, terus informasi proyeknya diisi juga, misal ABC project , terus dikasih penjelasan, misal ini revisi ke berapa, atau ini pertama, atau apa lah. Terus Ok deh.
-          Setelah loe Ok, terus bakal keluar lah hal-hal yang harus loe setting di awal, yang pertama bakal keluar kayak gini:
- Kalo ginian keluar, loe pilih aja yang m2000.set (metric, 1:2000) , jangan tanya gue alesannya kenapa, langsung aja next, soalnya itu udah defaul sih, kecuali loe punya waktu loe liat ajah itu penjelasannya di “view”, loe klik dulu pilihannya, baru view. Ok next
-          Setelah loe next, keluar lah ini, pengaturannya udah defaul gini, udah pakai meter, derajat, presisinya 3 angka di belakang koma, selebihnya bisa disesuaikan sama kebutuhan loe. next
-          Nah! ini yang tadi, di sini bisa dicek, apa bener horizontal idah skala 1:2000 untuk ukuran kertas yang dipilih, vertikal 1:200 untuk kertas yang dipilih, dan di sini gue lebih seneng make kertas A3 (297x420), tapi ya ga sampe ganggu waktu gambar sih, lumayan luas coy 1:2000. oke next
-          Nah ini dia yang sempet bikin gue bingung, jadi gini bro... secara umum, kategori yang dipakai dan tersetting di Total station di indonesia pakainya UTM, WGS84 Datum. Udah pokoknya itu, titik.
untuk koordinat sistemnya, bisa nyari di peta untuk menentukan koordinat sistemnya, pake peta ini nih kalo gue makenya:
- Nih ya, loe cari aja peta ini, terus loe tentuin deh posisi loe ada di mana, misal gue ada di sulawesi selatan nih, liat tuh yang paling bawah ada tulisan 114E di garis berikutnya 120E, dan angka dalem kotak diantara dua angka itu adalah 50.  terus loe liat paling kiri, itu ada angka-angka yang belakangnya ada n dan s setelah angka, itu notasi “north” dan “south”, terhadap nilai nol, posisi gw di bawah kan? di s, jadi gw pake yang s. jadilah yang gue pake “UTM-WGS 1984 Datum, Zone 50 south, cent meridian 117d E”. Ok ngerti yah?
- selanjutnya next, kalo loe punya base point ya masukin aja, terus pick, kalo gak ya next aja, next, next, next sampe ga bisa dinext, terus finish, dan taraaa,, keluar lah informasi apa aja yang udah loe setting tadi :
-          Setelah di oke, nanti muncul lah ini:
-          klik check box “use point names”, terus Ok aja, daaaaannn... your work sheet is ready sir!!!
SELAMAT BEKERJA !!!
 
Bagaimana? puas? kita lanjutkan ke gimana caranya kita input data koordinat ke land desktop, Loe bisa lihat di postingan part 2 yup!

1 komentar:

  1. Apakah autocad land desktop ini bisa mendesain gambar gedung, seperti di autocad biasa, apakah sama dan akurat dalam detailing? Terimakasih

    BalasHapus