Sabtu, 21 Mei 2016

Part 2: Bagaimana menginput data koordinat ke dalam land desktop?

Oke mamen..!, tanggal 17 Mei 2016 kemarin gue udah nulis tentang pengaturan sebelum loe pake land desktop (tapi baru gue publikasi sekarang, hehe, syibuk soalnyah..) , selanjutnya gue mau jelasin gimana sih caranya data-data hasil “tembakan” tim survey bisa kita masukin ke Land Desktop.
-          Pertama, dan yang paling utama adalah pastikan data koordinat yang diambil sudah sesuai elevasi acuan proyek kita, mulai dari elevasi dasar bangunan di mana, elevadi dasar galian di mines berapa, koordinat-koordinat sudut bangunan di mana, OK ! pokoknya Make Sure ! semuanya udah sesuai sama data aktual lapangan.
-          Yang kedua adalah, loe bisa pake MS Excel untuk sangat mempermudah kerjaan loe, dan buatlah kolom dengan judul kolom secara berurutan PENZD , itu singkatan dari “Point” bisa loe isi aja pake nomer urut point nya sesuai urutan koordinat yang ditembak, “East” ini maksudnya adalah sumbu X, “North” ini maksudnya adalah sumbu Y, “Z” ini maksudnya adalah sumbu Z, yang sangat umum untuk mendeskripsikan orientasi arah tinggi ruang, dan “D” ini isinya description buat keterangan apa aja yang loe mau, dikosongin aja ya gapapa.

-          jadi kayak gini nih:
Ini yang gue bilang tadi, hati-hati dengan Z atau elevasi, karena harus benar-benar dipastikan bahwa elevasi dari hasil tembakan itu apakah sudah langsung menjadi elevasi berdasarkan elevasi +00,0 bangunan, Ok!. Gue ingetin lagi, Make It Clear! , karena setiap kubiknya adalah rupiah coy!
Sebenernya beberapa TS udah dilengkapi fasilitas untuk transfer data hasil tembakan ke laptop, gue gak akan bahas itu di sini, loe cari tau aja sendiri yah, tapi pasti untuk TS yang udah banyak dipakai luas rata-rata sudah bisa, jadi loe gak cape-cape nulis koordinat satu-satu di excel, tapi kalau datanya sedikit, simpel, yaa,, cara ini masih bisa jadi andalan.. hehe.
-          Langkah selanjutnya adalah kita export/Save as data koordinat kita ini ke format .txt dengan tab delimited atau space delimited, jangan sampe keliru ya, ada kok pilihannya tab delimited, sesuai dengan permintaan si AutoCAD Land desktopnya waktu kita mau import point, jadi kira-kira kaya gini coy:
setelah loe save as .txt , selanjutnya lo hapus aja itu judul kolomnya, karena yang dibaca land desktop ya Cuma angkanya tok. Selesai deh, data ini nanti yang bakal kita import ke land desktop.
Oke kita balik lagi ke work sheet kita ya, klik icon “A” di pojok kiri atas,(sebebernya ini namanya menu browser bro, ini gue maklum, barang kali diantara loe pada ada yang cukup norak untuk mengerti maksud “menu browser”,, hehe ) terus kita pilih “Point”, terus kita pilih “Import/Export Point”, setelah muncul pilihan, klik “Import point”, nanti bakal muncul kaya gini:
Di dalam pilihan formatnya ada PENZD space delimited, jadi kita pilih itu aja, karena compatible juga sama tab delimited, setelah dipilih, kita cari deh di source file, sesuai dengan di mana kita tadi naro filenya, dan kalau bisa setiap import point, dibuatkan juga point group nya, jadi gak repot waktu mau buat surface nanti, ok!. terserah deh mau dinamain apa point group nya.
Oke perhatiin ini baik-baik men, setelah loe pilih file .txt yang udah dibuat tadi, dan jangan lupa dibuatkan point group, tinggal klik gambar persegi hijau yang miring itu, setelah itu bakal muncul “COGO Database Omport Option”, baca satu-satu pertanyaannya dan pilih sesuai kebutuhan loe, misalnya kalau point yang baru loe masukin ternyata udah ada “yang nempatin” duluan, mau direnumber, timpah, atau tulis ulang dengan point baru, dan begitu juga pertanyaan lainnya loe perhatiin baek baek tuh!, setelah itu Ok aja!
taraaaa....
 
pasti lembar kerja loe masih blank kan? hahahaha
jangan panik dulu, di command prompt nya loe ketik “ze” dan enter deh,
Jeng jeeeeeng .... !
point point loe udah massssukk semua ke land desktop, sekarang kita atur ya tampilannya, karena itu dimensinya biasanya kalau default terlalu besar, caranya klik lagi “A” pojok kiri atas, pilih point, pilih “Edit point” , terus pilih “Display properties”, nanti muncul ginian :
terus loe perhatiin di command prompt, “point to modify: blabla bla” ketik aja yang All yah, setelah itu loe pilih aja itu mau gimana tampilannya, kalo gue sih karna deskripsi juga ga terlalu kepake, gue uncheck si check box description, terus size nya gue buat stengah meter (0,5), markernya juga sama pake yang stengah meter, jadi lebih kecil size nya di lembar kerja loe, kalo ngezoom gambar, jadi gak kegedean, jadi gini nih :
Taraaaa...  sudah jadi bosss point loe, hehe
Terus selanjutnya apaan dongs? , ya selanjutnya buat boundary , pake polyline aja, itu yang ada di tool bar udah defaul kok, 2D dengan elevasi +0.0, pake ini aja. Tadi di awal gue sempet bilang sama loe bahwa loe harus perhatiin sudut-sudut bangunannya ya, di sini loe bakal pake koordinat sudut bangunan loe untuk bikin boundarynya , jadinya kira-kira kayak gini nih:
Congatulation ....! , loe udah mencapai tahap dua sekarang, In syaa Allah nanti gue lanjut dengan gimana caranya meng”create” surface, sehingga loe bisa buat kontur dari koordinat-koordinat yang udah loe input.
Udah dulu ya, udah malem juga gue nulis ini, sampai jumpa di cerita berikutnya.. J
Makassar , 21 Mei 2016 @ qatari kost ditemani istri tercinta :3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar