Kamis, 23 Juni 2016

Dasar SAP 2000 "Frame"

Dasar SAP2000 Bagian: Frame
Halo halo halo... lama gak nulis, gimana kabar, sehat?
Alhamdulillah.... tetap sehat, tetap semangat coy.. “aji mumpung” lagi puasa ramadhan ini, banyak-banyak tobat, ibadah, sedekah... gue yakin susah, *karna gue juga ngerasain,, haha, tapi harus berusaha sekuat tenaga cuy, mengutip ceramah taraweh yang lalu-lalu, “merugilah, kalau kita hanya membiarkan puasa menjadi ritual tahunan tanpa makna”, tsssah... jadi sebenernya sih, kalo gue perhatiin ini dari haditz yang isinya gini :
sebuah hadits yang diriwayatkan oleh al-Imam at-Tirmidzi dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:  “Merugilah orang yang disebutkan namaku (nama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam) di hadapannya, tetapi ia tidak mau bershalawat kepadaku. Merugilah orang yang masuk Ramadhan, kemudian Ramadhan itu berlalu sebelum dosa-dosanya diampuni. Dan merugilah seorang yang mendapatkan kedua orang tuanya di waktu tua (lanjut usia), tetapi keduanya tidak dapat menyebabkannya masuk Surga.”
Sebenernya kalo gue cari, ada beberapa versi pemilihan katanya, karena gue gak terlalu paham masalah ginian, ya udah ya gue gak bahas panjang-panjang..haha
Oke lah, kita langsung aja yah...
jadi dalam SAP2000 ini loe bisa memodelkan sebuah frame khususnya untuk frame dengan material beton dan baja, untuk material lain sebenernya bisa aja loe buat suka-suka loe, jadi nanti material properties nya loe desain sendiri.

Ok langsung ajah, untuk awanya ketika loe buka “New model” di pojok kiri atas itu, loe bisa pilih template grid only, dan pastikan satuan yang loe pake sesuai sama rencana misal N, m, C jadi kaya gini:
Begitu loe pilih grid, langsung muncul “Quick grid lines”, loe bisa aja atur di sini secara simpel tapi kalau loe butuh grid yang khusus loe bisa masuk ke “Define” dan pilih “Coordinate System/Grid” dan loe atur aja suka-suka loe di situ bentukan grid loe mau kaya apa, jadi kira-kira gini ya:
Dua gambar di atas adalah grid yang kita buat dengan “Quick grid lines”, sementara dua gambar di bawah ini gue edit lagi di “Coordinate System/Grid”.
bisa liat bedanya?
yess... loe bisa buat jarak antar line nya jadi variatif kalo di sini, sesuai sama kebutuhan desain loe, karena gue kira gak semua desain punya jarak as yang homogen, di beberapa bagian pastinya punya dimensi yang berbeda.
Jadi cuy, kenapa gue tunjukin ini? karena dengan adanya grid, itu bakal sangat-sangat membantu loe untuk ngegambar frame, dimana setiap joint dari grid ini udah terdefine sebagai sebuah titik yang bisa loe pake sebagai start-end frame yang loe buat nantinya.
Oke cukup ya masalah grid, kita lanjut ke mendefinisikan material yang mau kita pake. Pada umumnya kita desain frame kalau gak pake beton, ya baja, beberapa pake kayu/bambu, terserah sih loe mau pake apa, tapi bakal lebih mudah kalau desainnya pake baja atau beton. tempat kita nentuin material properties ada di “Define” , terus loe pilih deh material propertiesnya
Ketika loe ketik define material, loe bakal lihat secara default udah ada dua material yaitu beton dan baja dengan masing-masing properties nya:
Loe bisa liat dari dua gambar di atas, kalau beton secara defaul loe dapet beton dengan kuat tekan kira-kira 27 an MPa, dan beratnya standar skitar 2.4 ton/m³ nya, sementara baja juga standar dia punya modulus elastisitas skitar 200.000 Mpa dan Fu serta Fy yang udah defaul sama baja Fy 50.
Sebenernya gak cuma itu aja yang bisa diatur di sini, kalau loe klik check box “Switch to advanced property display”, loe bakal dapet tampilan yang lebih atraktif lagi, dimana loe bisa atur ini itu sesuka hati loe, sesuai properties material yang loe pake
Misal gambar di atas ni gue buka material baja ya, loe bisa milih tuh mau pake material baja yang isotropic, atau yang anisotropic, atau uniaxial, terserah loe, ketika loe klik “Modify / Show matrial properties, banyak lagi yang bisa loe atur, masalah thermal capacity nya, dampingnya, data nonlinear nya, mungkin ini buat mreka yang udah jago beut pake SAP2000 nya, kalo bocah cups kaya gue ya ga usah lah pake gitu-gituan , hahaha... dan yang pasti, di sini gue pake materialnya secara default aja, yang gue ganti paling namanya aja, jadi “Baja” sama “Beton” , biar kita gak bingung.
Setelah selesai sama material, kita define section nya, sama kayak tadi ini ada di menu tab “Define” dan kita buka “Section properties”, kemudian ke “Frame section”.
Di “Frame section” loe bakal dikasih dua pilihan jenis frame yang mau loe pake, boleh beton, boleh juga baja, boleh alumunium, boleh “cold formed”, yang nanti masing-masing udah ada bentuk cross sectionnya yang umum digunakan kaya gini:
Ini misalnya buat profil baja:
Kalau yang ini buat profil beton :
Gimana ga enak coba? disediain juga profil precast yang umum dipake di flyover atau jembatan, kalau alumunium adanya cuma ini :
Ada juga cold formed, yang maksudnya dibentuk waktu materialnya “dingin” atau suhu ruang, jadi umumnya ada lembaran-lembaran coil gitu atau pelat yang bentuknya gulungan baja, terus dibentuk deh pake metal forming machine, dan di SAP2000  ini yang tersedia:
Oke, sekarang gue ambil contoh kita mau pake profil baja Iwf ya, pake yang simpel aja deh.. hehe..
Di “Frame properties” nanti loe bisa langsung aja klik “Add new properties” dan bakal keluar “Add section properties” kaya gambar di atas tadi, klik deh yang iwf, nanti bakal ada pengaturannya kaya gini:
Loe bisa liat di situ, ada “Dimensions” , terus di sebelak kanannya ada gambarnya yang kalau loe ubah dimensinya dia bakal berubah sesuai dengan proporsinya, di sini misal gue mau pake iwf yang ukuran 10 x 15 cm , dan itu ada di tabel baja profil, loe bisa cari sendiri deh berapa tinggi nya, lebar nya, tebal badan, tebal sayap, semua ada di situ kok.. contoh ni gue pake katalog gunung garuda:
Setelah loe dapet katalog ini (eh gapapa ya sebut merek? hahaha, mau pake KS juga gpp, ini contoh aja yang gampang loe cari di mbah google ntar..haha), nah setelah loe dapet katalognya, loe bisa liat dimensi cross section setiap profilnya, loe liat deh itu ada kan yang 150 x 100 mm, nah gue pake itu.
Setelah loe selesai buat section frame loe, kita langsung aja buat frame nya di lembar kerja kita, masuk ke “Draw”, terus pilih “Draw Frame/Cable/Tendon”
Setelah loe pilih “Draw frame/Cable/Tendon”, nanti keluar “Properties of object” , pastiin kalau section yang keluar di situ adalah section yang udah loe define untuk struktur yang mau loe gambar, terus di bawahnya ada “Drawing control type” yang bisa diatur kalo loe mau, misal mau fixed length, atau paralel to angel, atau apa pun yang loe mau deh, tapi di sini biar gampang ga usah pake aja (none).
Dan taraa... loe udah bisa buat frame suka-suka loe deh tuh, kursor loe pasti udah berubah jadi anak panah kecil vertikal gitu, dan loe bisa buat frame nya di tampilan 3D sebelah kanan, atau ya bisa juga di tampilan 2D sebelah kiri. Tapi sebenernya kalau mau desain pake tampilan 2D loe harus jelas bahwa itua da di elevasi berapa, 0,0 kah, atau 12 kah, atau berapa. Tampilan 2D bisa loe setting di “View” dan loe pilih “Set 2D view” , selanjutnya loe pilih “X-Y plane” dan dengan “Z = sekian “ suka suka loe deh.. kaya gini:
Loe juga bisa buat tampilannya jadi satu aja misal mau milih yang 3D aja, ya loe klik aja itu kotak “Maximize” di jendela bagian 3D nya, yang tanda kotak itu lhoo.... di samping “Close” nya jendela gambar yang 3D.. hehe
Oke, ini jadi ngelantur ke mana-mana, loe bisa langsung buat frame loe di lembar kerja manapun, tapi satu hal yang harus loe inget, bahwa elemen struktur itu punya sumbu lokal yang arahnya bakal tergantung sama arah penggambarannya, jadi kalau mau gambar frame vertikal misal loe harus selalu gambar start point nya di bawah, dan end point nya ke atas, kalau gambar frame horizontal selalu start point sebelah kiri, dan end point di sebelah kanan, dan kalau loe mau buat frame yang tegak lurus gambar, harus seragam semua misal start ke end point nya masuk bidang gambar.
jadinya kaya gini:
Bisa loe liat, semua local axes bakal ngikutin kaidah tangan kanan di mana arah sumbu x adalah arah gimana loe gambar framenya tadi. Untuk memastikan bahwa frame loe ga ada yang kebalik, atau keputer 90 derajat, atau salah pilih section (kalau loe punya section yang banyak), loe bisa liat di display nya, loe bisa klik “Set display option” yang tandanya kotak kecil putih diceklis di baris icon-icon itu, dan bakal muncul ini :
Loe bisa liat di bagian general. itu leo klik check box “Extrude view”, biar nanti muncul gimana bentuk frame loe di desain, Ok deh.. nanti bakal keluar tampilan gambar loe kaya gini:
Nah, gitu lah kira-kira “bentukane” , cek satu-satu ya... siapa tau ada frame yang kebalik atau gimana..dan inget!!, di SAP2000 ini setiap joint yang ter create, bakal “menganut” centre to centre, jadi pasti dari pusat profil ke pusat profil titik pertemuannya. Gittuu...
Kalo udah selesai dicek, check box “Extrude view” nya di bagian general sama “Local axes” di bagian frame dihilangkan aja kalau udah, soalnya itu mengganggu pandangan.. hahahaha..
Oke setelah itu loe harus definisikan tumpuannya ya, jadi di keempat kaki frame itu misalnya dalam hai ini mau gue desain sebagai jepit, jadi gue klik deh keempat point itu, terus kita “Assign” sebuah constrain yang ada di menu tab “Assign”
Di sini gue pake tumpuan jepit ya, oia BTW loe tau apa bedanya constrain dengan restrain?
di situ kan gue pake restrain, nah terus constrain buat apa dong? hehe
Oke jadi kalau loe pake restrain, ini penggunaannya untuk support atau tumpuan, dan kalau kita terjemahkan kata restrain nya sendiri artinya menahan, jadi ini digunakan untuk titik-titik tumpuan struktur yang bisa kita desain suka-suka kita, mau pake jepit, sendi, roll, bebas, terserah loe....
Terus gimana dengan constrain? nah constrain ini kan kalo kita teremahin per kata ya artinya kan mendorong/memaksa kan, jadi dalam aplikasinya sebenernya constrain ini digunakan untuk “memaksa” dua atau lebih joint untuk bergerak bersama dalam sebuah struktur secara 3 dimensi, jadi kalau constrain ini harus lebih dari satu joint yang dilibatkan, beda sama restrain atau tumpuan, kalau ini bebas loe pilih satu titik joint, terus loe definisikan itu tumpuan apaan.. gitu lah kira-kira ya..
Lanjut... setelah gue pilih tumpuan jepit dengan mengklik icon yang paling kiri itu, tinggal oke-oke aja.. nanti di tampilan gambar loe bakal otomatis keliatan tumpuannya kaya gini:
Loe bisa liat, di tumpuannya itu ada gambar tumpuan jepit pake tanda kotak bersilangan, itu tanda tumpuan jepit. Kalau sendi dia pake segi tiga, kalau roll pakai lingkaran, kalau bebas ya cuma titik aja, gak keliatan. Dan inget !! dalam satu tumpuan bisa jadi gak cuma ada satu karakter tumpuan, bisa jadi arah sumbu X gue pake sendi, tapi arah sumbu Y gue pake roll, itu sangat mungkin.
Oke gitu dulu yah gue bahas frame nya, masalah pembebanan dan hasil analisanya gue bahas terpisah aja nanti in syaa Allah, soalnya udah kepanjangan, pastinya loe udah enek baca tulisan gue... hahaha
Gue sebenernya berharap tulisan ini bisa dibaca sama bocah-bocah yang baru masuk kuliah, karena gue yakin kalo temen-temen gue ya udah pada jago... jauuuh lebih jago dari gue.. hehehe.. apa lagi yang tugas akhirnya struktur gedung, waah udah hatam kalo gitu, gak usah diragukan..haha
Semoga bermanfaat, sampaikanlah walau satu ayat.
Tetap sehat, tetap semangat, biar kita bisa berbagi untuk negri yang kita cintai ini.. :3
“Peduli, Berbagi, Selalu di hati”... bahahaha , jadi jargonnya sosmas teknik ugm..
Selamat berpuasa, berpuasalah kamu agar sehat. kata pak ustadz sih “Puasa itu memanusiakan manusia, menyehatkan yang sakit, men(s)yabarkan yang marah, men(s)alehkan yang lalai, men(s)ucikan yang penuh dengan dosa, memuliakan yang hina, menyambung silaturrahim yang terputus” jadi kalo gue pikir puasa ini membuat kita jadi ke “mode default” sesuai dengan tujuan penciptaan manusia cuy, setuju gak? beruntung banget kita bisa dikasih kesempatan ketemu ramadhan, bayangin berapa banyak orang mau tobat di bulan ramadhan, tapi takdir Allah berkata mereka harus menyudahi hidup sebelum bulan suci ini dateng... semoga kita termasuk manusia yang beruntung di dunia dan akhirat... Aamin.

Makassar, 24 Juni 2016 @ mess karyawan Proyek St Moritz Makassar, di bawah langit yang mendung-mendung omantis gitu ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar