Kamis, 17 November 2016

GIMANA CARANYA ISENG ISENG NGITUNG VOLUME PAKE SKECAP

Yoyoyo..! wassap yoo... hahahaha
Lama gue ga nulis, sekarang mau nulis sesuatu yang baru aja gue oprek pake skecap (Google Sketch Up), yang dimana berdasarkan penelitian yang gue lakukan selama stengah jam pada hari ini, 17/11/2016 , gue menemukan sebuah cara untuk menghitung volume ruang dan luas permukaan sebuah elemen (yaa... kita anggap sebuah elemen struktur ya), menggunakan gugel skecap men..!, hahaha.. *norak bener gue baru tau nih.. hahaha
Jadi ente-ente yang lagi pengen ngitung volume sebuah struktur yang bentuknya gak karu-karuan misalnya, dan struktur yang berpotongan satu sama lain, bisa nih pake skecap, nanti kita bahas secara runtut ya.

Oke gak usah banyak cing cong langsung aja kita buka skecapnya bro!
Begitu lo buka skecap, tampilan awal yang lo liat adalah kaya gambar di atas, kaga usah ngoprek yang lain, lo langsung aja klik di segitiga “Template” dan ga perlu banyak omong langsung pilih “Simple Template - Meters” , biar  frekuensi kita sama, bahwa semua satuan dalam dimensi meter.
Lo liat ada check box kecil di kiri bawah, kalau bisa itu jangan pernah lo uncheck box, karna ntar kalo tiba-tiba lo butuh template dengan dimensi mm, lo harus ngatur ngatur lagi ntar, terserah sih kalo lo emang bisa dan biasa ngaturnya, tapi kalo gue sih nggak.
Nah, setelah lo klik itu “Simple Template - Meters”, terus lo klik “Choose Template”, terus lo klik “Start using Sketch Up” langsung dan selanjutnya lo bakal liat gambar kaya di bawah ini:
Taraaaa..! , ini lembar kerja lo, di situ lo dikasih “om-om” yang bisa lo jadiin kaya semacam sebuah alat perbandingan gitu lah, karna ukuran si om udah secara default emang ukuran rerata manusia di dunia nyata, kalo gak percaya ukur aja sendiri.. :v
Well, di lembar kerja lo bisa diliat ada berbagai macam tools untuk ngedesain, mulai dari bikin garis, free hand, arch, square, lingkaran, offset area, rotate, move/copy, ngecet, ngasih notasi, “ngorbit”, drag, zoom, dan kalo berdasar gambar gue di atas, itu udah ada beberapa tools yang gue tampilin buat bikin sebuah curved surface.
Oke langsung aja mulai desain cuy, ga usah lama-lama..!
lo bisa liat gimana cara desain sebuah elemen di youtube, jadi gue ga usah panjang lebar jelasih di sini ok!
Sekarang gue mau liatin sama lo gimana caranya kita bisa ngeliat volume luasan sebuah bidang atau area, gue contohin pake struktur sederhana aja ya, gue mau bikin kubus ukuran 2x2x2 m, dan singkat cerita, kubusnya udah jadi 2x2x2 m, dan gue mau liat luasan satu buah bidang nya dengan klik kanan di permukaan yang mau lo cari tau luasannya, terus pilih “Entity Info” dan keluarlah informasinya kaya gini:
Lo liat gambar di atas?, udah langsung keliatan luas permukaan yang gue pilih (depan) dimensinya 2x2 m adalah 4 m².
Sebelumnya gue mau bahas dulu nih, buat tips aja, kita bisa mulai gambar kita di titik pertemuan ketiga sumbu itu, yang warna merah, hijau, biru itu, yang deket gambar “si om”..haha kaya lo liat gambar gue itu satu sudutnya tepat di titik pertemuan tiga sumbu, ya dari situ tadi gue mulai gambar.
Terus dari mana gue ngasih dimensi2 m itu? , kalo itu ada di “Tools” , terus pilih “Dimension”, dan klik aja lo mau buat dimensi dari titik mana ke titik mana, selesaii..
Untuk dapet luas permukaan berbagai permukaan, lo bisa “pencet” “Ctrl” atau “Shift”, terus lo liat tuh di entity info nya, berapa volumenya. Untuk kasus di mana struktur lo agak jelimet sehingga lo harus ngeblok sekaligus surface sama garis-garisnya, atau permukaan lengkung kaya selimut silinder, seteleh lo slect, terus klik kanan di elemen lo itu, dan pilih “Area”, terus pilih “Slection”. dan nanti muncul deh areanya berapa, kaya gambar di bawah:
Nah, lo liat tuh... itu gue select surface sama garis garisnya, terus klik kanan di situ, dan pilih “Area” dan “Selection” , dan taraa.. keluar lah luas permukaannya 1,75 m². Cara yang sama juga dipake untuk permukaan lengkung ya, jadi kalo lo mau tau luas permukaan silinder yang udah saling berpotongan gitu jadi udah berkurang-berkurang luas permukaannya, pake cara ini aja.
 Itu area yah ,  kalo lo mau ngitung volumenya, lo harus membuat elemen lo menjadi sebuah elemen solid dengan menjadikanya sebuah “Component”, caranya tingga diblok tuh sekubus gitu, jangan sampe ada yang ketinggalan, khususnya area permukaannya, terus lo klik kanan di elemen yang udah lo bikin, terus klik deh “Create component” dan bakal muncul tampilan kaya gambar di bawah:
Setelah lo klik “Create Componen”, muncul tuh dialog box nya, dan lo isi tuh nama dan deskripsi dari komponen yang lo buat, misal di sini gue buat nama Kubus 1, dengan deskripsi blok beton. Setelah lo isi, lo klik deh “Create” nya, dan berubahlah elemen lo menjadi sebuah struktur solid.
Terus gimana kalo elemen yang udah di Component mau lo liat luas permukaannya?, lo bisa klik dua kali di elemen lo itu, terus nanti lembar kerja lo bisa fokus di elemen yang lo buat itu aja, khusus kaya semacam component editing gitu la, terus baru deh ketika lo select satu permukaan, muncul di entity info nya, dan sama halnya kaya waktu sebelum dibuat component, bisa juga pake cara diselect beberapa atau diblok gitu, terus klik kanan, terus pilih “Area”, terus klik “Selection” kaya cara sebelumnya ajah.. ok!
Kalo udah jadi component, lo bisa klik kanan di komponen lo dan pilih “Entity Info” dan keluarlah volume elemen yang lo buat, atau kalo dialog box entity info yang tadi gak lo close, ya tinggal klik aja component nya dan muncul informasi volume nya kaya gambar di bawah:
Oke....!, Udah bisa?
“Itu kan untuk bentuk-bentuk elemen cemen yang gue itung manual aja bisa?? gak ada yang lebih susah?” , gue yakin pertanyaan itu pasti muncul di kepala lo. Santai meen, kita mulai dari yang ringan ringan dulu, sederhana, tapi lo bisa paham secara “kaffah” ,, hehe... pemanasan dulu lah... segalanya butuh pemanasan.. haha
Sekarang anggap aja aja di kubus yang gue buat itu ada sebuah silinder dengan diameter 1 m yang seolah “nancep” ke dalem kubus itu, tapi dari material yang sama, misal beton, selain itu ada sebuah balok 0,5 x 0,8 m yang berpotongan dengan kubus itu secara diagonal seperti silinder sebelumnya.
Nah ..! gimana sekarang?
kira kira penampakannya kaya gini nih:
Hmmm.... masih bisa ngitung pake cara manual?
Oke gue coba runtut kronologinya ya, jadi ceritanya gue buat tiga buah elemen dasar yang terdiri dari kubus 2x2x2 m, terus silinder D 1 m tinggi 2 m, dan balok 0,5 x 0,8 x 4 m. jadi kaya gambar di bawah ini nih:
Masing-masing elemen udah gue buat jadi component dengan cara yang udah gue jelasin di awal itu ya. Setelah semua udah siap dan udah jadi component, gue mulai “menggabungkan” satu per satu component dengan cara dimove , rotate, flip, dll sesuai yang gue inginkan dan setelah posisinya sesuai dengan yang gue mau, klik “Tools”, terus pilih “Solid tools”, terus pilih “Union” kaya gambar di bawah nih:
Perlu gue kasih tau sama lo semua, kalau elemen kita udah jadi component, kalo kita gabungin, terus permukaan, sudut, dan garisnya saling nempel, itu gak akan masalah karena bentuk component kita itu cuma bisa diubah dengan diklik dua kali seperti yang gue bilang tentang component editing itu. Tapi..., kalo belum jadi component terus lo gabung-gabungin, dan ada permukaan, sudut, dan garis yang nempel, maka itu otomatis menjadi elemen yang terhubung, kalo lo geser-geser lagi, pasti bentuknya berantakan, silakan lo coba-coba sendiri deh.
Selain itu, gue mau kasih saran sama lo bahwa jauh lebih baik lo buat dulu component-component dasar struktur lo, baru lo gabungin pake “Union”, ketimbang langsung lo gambar ribet-ribet dari awal, dan itu belum tentu entity info nya bisa ngitungin volumenya kan.
Oke setelah jadi sebuah struktur yang lumayan kompleks, lo bisa klik aja struktur lo, dan data volume nya langsung muncul di dialog box entity info nya kaya gambar di bawah ini nih:
Terus gimana dengan luas permukaannya?
Nah seperti yang udah gue jelasin di awal, lo klik aja dua kali itu struktur, terus lembar kerja lo fokus ke component struktur itu doang, lo blok aja semuanya, dan klik kanan, pilih “Area”, dan pilih “Selection” , taraa,,, keluarlah volume luasan permukaannya berapa kaya gambar di bawah:
Kalau lo ga bermaksud ngitung semua permukaannya, setelah lo blok semua, lo pencet “Shift”, terus lo klik permukaan yang ga mau lo itung, stelah itu ya kaya biasa.... klik kanan, area, selection .
Oke udah dulu yah.... gue rasa kayanya udah cukup memberikan gambaran, tapi kalo lo masih ada yang bingung dan harus banget ditanyain, ya tanyain aja ke gue, terserah mau via apa, nama gue gampang dicari kok di medsos, “yanuar firmansyah”, gak pake aneh-aneh..hahaha :v
Tetep sehat , tetep semangat, biar kita tetep bisa sholawat......
 lho..? hehe
Sampe ketemu di tulisan gue yang nyantai berikutnya , in syaa Allah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar